Metropolis

Listrik di Batam Padam 3 Jam Lebih

PLN Batam Perbaikan
Ilustrasi. Petugas bright PLN Batam. Foto: PLN Batam untuk Batam Pos

batampos – Aliran listrik bright PLN di sebagian wilayah Kota Batam mendadak padam pada Senin (9/5) pagi hingga sore. Pemadaman listrik di Batam diklaim karena ada gangguan mendadak di pembangkit PLTU dan PLTD.

Pemadaman listrik dirasakan oleh sejumlah warga di kawasan Batamkota hingga Nongsa. Hal itu menyebabkan terganggunya banyak aktifitas warga. Mulai dari aktifitas usaha, rumah tangga, bahkan pribadi yang kehabisan baterai ponsel karena lamanya pemadaman.

Ahmad, warga Megalegenda mengeluhkan pemadaman listrik di tempatnya sejak pukul 10.00 pagi. Aktifitas di rumahnya pun jadi terbengkalai karena padamnya listrik cukup lama.

“Sudah dua jam padam, tak nyala-nyala. Pekerjaan rumah tangga semuanya tertunda,” ujarnya.

Ia juga mengeluhkan pemadaman yang dilakukan secara mendadak dan tanpa ada pemberitahuan. Padahal saat itu kondisi cuaca sedang bagus, atau cerah karena tak ada angin atau hujan.

“Penyebabnya apalagi. Kok sering banget listrik padam. Padahal cuaca sedang cerah,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Mona warga Botania yang terpaksa menutup usahanya karena mati lampu. Dimana usahanya, isi ulang air sangat berbutuhkan listrik untuk beroperasi.

“Kalau listrik mati, usaha tutuplah. Mau dinyalakan pakai apa. Baterai hape juga lupa dicas. Matinya mendadak, jadi memang tak ada persiapan,” kata wanita berusia 42 tahun ini.

Di kawasan Nongsa, lampu dirasakan padam mulai pukul 13.30 hingga 17.30 WIB. Padamnya listrik ditengah terik matahari, tentunya menjadi keluhan karena merupakan waktu istrirahat anak.

“Anak-anak tak bisa tidur, cuaca panas. Jujur kesal banget karena tak ada informasi sama sekali,” terang Icha.

Selain menganggu jadwal tidur anak, aktifitas pekerjaan rumah tangganya pun terganggu, mulai dari mencuci dan memasak nasi.

“Kulkas saya juga sudah rusak gara-gara pemadaman lalu. Sekarang padam tak ada info juga. Kalau rusak, emang PLN mau ganti,” kesalnya.

Sementara Humas Bright PLN Batam Yoga membenarkan adanya pemadaman listrik. Namun pemadaman listrik hanya untuk sebagian daerah di Kota Batam saja karena adanya gangguan pembangkit.

“Ada gangguan pembangkit PLTU dan PLTD, petugas telah memperbaiki,” ujar Yoga.

Disinggung apakah kedepannya ada jadwal pemadaman, Yoga belum bisa memastikan. Namun, menurutnya akan ada pemeliharaan.

“Belum tahu, cuma memang akan ada pemeliharaan,” ungkapnya. (*)

 

Reporter : Yashinta