Sport

Sempat Tertinggal dari Thailand, Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Thomas

 

Bagas Maulana/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan kemenangan Indonesia atas Thailand dengan skor 3-1 di laga kedua Grup A Thomas Cup 2022. (Humas PP PBSI)

batampos – Indonesia yang tertinggal 0-1 lebih dulu atas tuan rumah Thailand, berhasil bangkit dan lolos ke perempat final Piala Thomas 2022. Indonesia menang dengan skor 4-1 dalam laga kedua Grup A di Impact Arena, Bangkok.

Indonesia tertinggal setelah Anthony Sinisuka Ginting kalah melawan tunggal pertama Thailand Kunlavut Vitidsarn. Ginting tumbang dalam tiga game dengan skor 12-21, 21-15, dan 9-21.

Kekalahan di partai pertama tersebut ternyata tidak berpengaruh kepada empat sektor Indonesia lainnya. Pada pertandingan kedua, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan membuat Indonesia menyamakan kedudukan 1-1. Itu setelah mereka memukul Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong dalam tiga game 21-12, 26-28, dan 21-11.

Jonatan Christie membuat Indonesia berbalik unggul 2-1 lewat kemenangan yang dia ukir melawan Kantaphon Wangcharoen. Jonatan unggul 22-20 dan 21-16.

“Tetapi, secara jujur dari sisi permainan saya hari ini masih jauh dari permainan terbaik saya. Meskipun menang pun, terus terang saya tidak puas. Meski menang, bisa dibilang kalau memakai angka 100, penampilan saya hari ini hanya 50 saja. Tidak memuaskan saya,” ucap Jonatan dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“Penampilan saya tadi juga tidak optimal. Sempat nge-blank sehingga kehilangan angka banyak. Pengaruh angin di lapangan juga besar. Beberapa kali, shuttlecock-nya seperti susah diatur dari permainan depan. Hal itu, membuat saya jadi susah menerapkan strategi,” tambahnya.

Indonesia akhirnya memastikan menang dan lolos ke perempat final setelah terjadinya partai keempat. Yakni ketika pasangan dadakan Bagas Maulana/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengandaskan Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dalam dua game langsung 24-22 dan 21-11.

Kevin berpasangan dengan Bagas karena partner asli Kevin, Marcus Fernaldi Gideon tidak masuk skuad Piala Thomas 2022. Marcus masih menjalani pemulihan pasca operasi kaki. Sedangkan pasangan asli Bagas yakni Muhammad Shohibul Fikri diistirahatkan.

Meski sempat kesulitan pada game pertama, namun Bagas/Kevin berhasil bangkit untuk meraih kemenangan nyaman pada game kedua.

“Dari sisi chemistry, Bagas/Kevin sudah lumayan, meskipun belum baik benar. Mungkin kalau dikasih angka baru 65. Ini karena Kevin tampil pertama kali dan baru beradaptasi dengan pertandingan. Apalagi posisi pasangan kita di tempat kalah angin, sehingga, serangan-serangannya belum optimal,” ucap pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi.

“Tetapi, seiring adaptasi Kevin dengan lapangan yang makin baik dan berada di posisi menang angin, di game kedua serangannya jadi lebih kuat. Banyak sekali Bagas bisa melakukan smes yang tidak tertangkis lawan. Kevin pun di depan bisa efektif,” tambah Herry IP.

Pada partai kelima, Shesar Hiren Rhustavito menyempurnakan kemenangan Indonesia menjadi 4-1. Shesar mengandaskan Sitthikom Thammasin dalam dua game langsung dengan skor 21-19 dan 21-14.

Hari ini, Indonesia akan berhadapan Korea Selatan dalam laga terakhir Grup A. Jika menang, Indonesia akan lolos dengan status sebagai juara grup. Kemarin, Korea memastikan ke babak delapan besar dengan memukul Singapura dengan skor tipis 3-2. (*)

 

Reporter: JPGroup