Pro Kepri

Sudah 2 Pekan Air PDAM Tak Mengalir ke Rumah Warga

batampos– Hampir 2 pekan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri khususnya yang bersumber dari Waduk Sei Gesek tidak mengalir ke rumah warga.

Imbas dari kondisi itu, warga mulai kesah sebab sejak 28 April 2022 kemarin hingga sekarang sudah kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih bahkan tidak sedikit yang terpaksa membeli air ke pihak lain yang hanya cukup digunakan untuk 2 hari.

Salah satu warga Tanjungpinang yang berdomisili di kawasan Kilometer (Km) 14, Liam, menyampaikan dirinya bersama keluarga harus melewati hari raya idul fitri dengan kondisi kekeringan.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Suplai Air PDAM ke Pelanggan di Tanjungpinang Macet

Bahkan hampir seluruh warga di komplek perumahannya sudah mengeluh karena selama ini sangat bergantung pada distribusi air PDAM.

“Kami terpaksa harus beli air dengan per tanki. Karena, sebagian besar perumahan disini tidak punya sumur,” kata Liam, Selasa (10/5)

Hal serupa juga dikeluhkan Herika, seorang ibu rumah tangga di kawasan yang sama menuturkan bahwa air merupakan kebutuhan dasar rumah tangga yang harus terpenuhi setiap hari.

“Seluruh pekerjaan rumah sangat memerlukan air, mulai dari memasak, mencuci, dan pekerjaan rumah lainnya. Jika macetnya air PDAM terus bertahan lama, warga yang sangat bergantung dengan PDAM akan sangat kesulitan,” keluhnya.

Dirinya berharap PDAM Tirta Kepri segera menyelesaikan masalah tersebut agar distribusi air kembali berjalan lancar seperti hari normal, karena sudah tidak sanggup membeli air tanki.

“Kami minta tolong PDAM segera lah perbaiki dan atasi masalahnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Teknis PDAM Tirta Kepri, Wahyu mengatakan saat ini perbaikan serta pemasangan pompa cadangan di Waduk Sei Gesek masih dalam tahap pengerjaan, pihaknya tidak bisa memastikan waktu selesai pengerjaan.

“Masih perbaikan di Gesek pemasangan pompa cadangan. Waktu belum bisa diestimasi, mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai,” kata Wahyu. (*)

Reporter: Peri