Pro Kepri

Tersisa 4 Kasus Covid Aktif di Tanjungpinang

batampos– Kasus aktif covid-19 di Tanjungpinang terus berkurang, tercatat hingga Senin (9/5) kemarin total pasien terkonfirmasi tersisa 4 kasus.

Semua pasien terpapar saat ini menjalani karantina mandiri di rumah, sedangkan yang dirawat di rumah sakit dan tempat isolasi terpadu sudah kosong atau sudah selesai menjalani isolasi.

Kadinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri. F. Peri Iraw

Pasien yang menjalani karantina mandiri merupakan kasus dengan gejala ringan yang tidak membutuhkan perawatan khusus di tempat isolasi terpadu ataupun rumah sakit.

Penurunan kasus sudah terlihat sejak satu bulan belakang dan hingga pertengahan April 2022 kemarin total kasus masih berkisar sekitar 30 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri mengatakan saat ini seiring dengan penurunan kasus pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar segera melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

“Tak hentinya kami imbau kepada masyarakat untuk segera mengikuti vaksinasi karena pandemi covid-19 ini belum selesai,” kata Sandri, Selasa (10/5).

BACA JUGA: Tinggal 3 Pasien Covid di Karimun

Salah satu upaya yang harus selalu dilakukan selain mematuhi protokol kesehatan adalah vaksinasi untuk membentuk kekebalan dalam tubuh masyarakat agar saat terpapar tidak menimbulkan gejala yang begitu berat.

“Ketika sudah melakukan vaksinasi dosis II ada masanya mencapai puncak efektifitas vaksin yang kemudian menurun, sehingga dibutuhkan suntikan dosis ketiga,” ungkapnya.

Saat ini capaian vaksinasi dosis ketiga sudah mencapai 37,30 persen, pihaknya menargetkan hingga akhir Mei 2022 sudah mencapai 50 persen.

“Walaupun sudah dibooster jangan merasa aman, tetap jalankan protokol kesehatan seperti yang sudah dijalankan,” tambahnya. (*)

 

Reporter : Peri Irawan