Ekonomi & Bisnis

Trafik Penggunaan Data sepanjang Libur Idulfitri 1443 H Meningkat 

Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di sekitar area Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, belum lama ini. F. XL Axiata

batampos – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data  sepanjang libur Hari Raya Idulfitri 1443 H, antara 24 April sampai 7 Mei 2022.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional sebesar 33% lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 11% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Khusus di Sumatra, kenaikan trafik data mencapai 34% lebih tinggi dari tahun lalu, dan 18% dibandingkan hari normal. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari diperbolehkannya masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur, setelah dua tahun sebelumnya hal tersebut dilarang karena terjadinya pandemi.

BACA JUGA: XL Axiata Belanjakan Capex Lebih Besar Daripada Tahun 2021

“Setelah dua kali Lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa kita lihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” ungkap Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Senin (9/5). (*)

Reporter: Azis Maulana