Sport

Bukan soal Uang, Ada 2 Alasan Erling Haaland Gabung Manchester City

Erling Haand akan berakhir kontraknya di Borussia Dortmud dan menerima pinangan Manchester City. (STIAN LYSBERG SOLUM/NTB/AFP )

batampos – Transfer besar di sepak bola Eropa terjadi kemarin (10/5). Manchester City secara resmi mengumumkan telah merekrut Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Haaland pindah dengan biaya transfer sebesar GBP 51 juta atau sekitar Rp 912,730 miliar dari Dortmund. Manchester Evening News melansir bahwa transfer tersebut sudah finis. Haaland akan bergabung ke dalam skuad City pada 1 Juli mendatang.

City sendiri membayar lebih rendah ketimbang biaya pelepasan yang awalnya dipatok sebesar GBP 64 juta (Rp 1,145 triliun). Di Manchester City, Haaland akan menjadi salah seorang pemain dengan penerima gaji tertinggi. Pemain 21 tahun tersebut berada satu level dengan bintang utama City saat ini, Kevin De Bruyne.

Haaland sendiri dikabarkan telah menolak tawaran dari raksasa-raksasa Eropa lain yakni Real Madrid, Paris Saint-Germain, dan Bayern Muenchen. Padahal, tiga tim tersebut siap mengeluarkan anggaran besar untuk membayar gaji Haaland.

Menurut Manchester Evening News, adalah dua alasan mengapa Haaland mau menerima pinangan City. Pertama adalah alasan emosional.

Haaland adalah putra mantan pemain City, Alf Inge. Sejak kecil, Haaland membangun koneksi emosional dengan City. Haaland terlihat kerap memakai jersey City, menunjukkan bahwa dia memberikan dukungan besar kepada klub tersebut.

Faktor kedua, murni soal sepak bola. Haaland memang ingin bekerja sama dengan manajer City Pep Guardiola. Juga bermain bersama talenta-talenta kelas dunia milik City. Misalnya dengan De Bruyne dan Phil Foden.

Bersama City, Haaland ingin mencapai mimpi besar, meraih gelar Premier League dan Liga Champions.

Dalam dua tahun terakhir, Haaland memang menjadi salah seorang properti sepak bola paling panas di Eropa. Yang bikin banyak klub raksasa tertarik adalah tingkat produktifitas Haaland yang luar biasa. Penyerang asal Norwegia tersebut mampu mencetak 85 gol dalam hanya 88 penampilan.

Inilah yang membuat tim-tim besar macam Manchester United dan Barcelona kepincut untuk mendatangkannya.

Haaland dikabarkan akan mengucapkan perpisahan dengan Dortmund setelah laga terakhir Bundesliga musim ini melawan Hertha Berlin. Setelah itu, dia mungkin akan langsung bergabung dengan City untuk mengikuti tur pramusim di Amerika Serikat pada Juli mendatang. (*)

 

Reporter: JPGroup