Pro Kepri

Kodim Lingga, Anambas dan Bintan akan Berdiri Sendiri

batampos- Nantinya, tiap kabupaten di Kepri akan memiliki satuan Komando Distrik Militer (Kodim). Saat ini, masih ada tiga kabupaten yang kodimnya bergabung dengan kabupaten lainnya.

Dan Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama rencananya akan membangun tiga Kodim baru yakni Kodim Lingga, Kodim Bintan, dan Kodim Anambas.

Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu

“Wilayah Kepri, yang hampir 96 persen dikelilingi lautan dan pulau-pulau, memang perlu adanya satuan TNI AD setingkat Kodim di tiap-tiap kabupaten dan kota, dalam rangka memperkuat pertahanan dan keamanan,” kata Komandan Korem (Danrem) 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Rabu (11/5).

Hingga kini terdapat empat buah satuan kodim yang membawahi tujuh kota dan kabupaten di seluruh Kepri, yaitu Kodim Tanjungpinang, Kodim Tanjung Balai Karimun, Kodim Batam, dan Kodim Natuna.

Jimmy mengatakan rencana pembangunan tiga kodim baru tersebut merupakan hasil koordinasi cukup panjang oleh Korem 033/Wira Pratama bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepri dalam rangka menjaga keamanan wilayah setempat.

BACA JUGA: Vaksinasi Door to Door Sasar Warga di Tanjungpinang Barat

Selain itu, penambahan satuan kodil itu juga bertujuan membantu Pemda Kepri dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama di Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Anambas.

“Ini juga sudah menjadi program TNI AD demi mencapai keamanan di seluruh wilayah Indonesia,” tambahnya.

Khusus untuk pembangunan Kodim Lingga, Jimmy mengatakan telah berkoordinasi secara aktif dan intensif dengan Bupati Lingga Muhammad Nizar.

Pemkab Lingga bersedia memberikan dukungan anggaran dana hibah sebesar Rp1,5 miliar dari APBD tahun 2022 secara sukarela guna pematangan lahan dan percepatan proses pendirian Kodim Lingga.

“Rencana pembangunan Kodim ini diharapkan dapat mempererat sinergisme dan soliditas Forkopimda di setiap kabupaten dan kota, serta dapat terus saling menjaga tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik selama ini,” ujarnya. (*)

reporter: antara