Metropolis

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Batam Meningkat

wisman singapura
Ilustrasi. Salah seorang wisatawan Singapura melambaikan tangan sebelum menaiki bus yang akan mengantarkannya ke resort dan hotel di kawasan Nonga Kota Batam. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kota Batam sepanjang Maret 2022 sebanyak 995 kunjungan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 202,43 persen dibandingkan Februari 2022 yang hanya 329 kunjungan.

Namun, bila dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, kunjungan wisman Maret 2022 ini juga mengalami peningkatan sebesar 186,74 persen. Dimana Maret 2021 ada sebanyak 347 kunjungan wisman ke Batam.

”Naiknya cukup signifikan, baik month to month, maupun year on year,” ujar Kepala BPS Kota Batam, Rahmad Iswanto.

Ia mengatakan, wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada Maret 2022 didominasi wisman Singapura yang mencapai 35,83 persen dari jumlah wisman selama Januari 2022.

Meningkatnya jumlah wisman ini karena telah dibukanya sejumlah pintu masuk ke Batam. Sehingga berdampak pada industri pariwisata dan sektor-sektor pendukung lainnya.

Peningkatan kunjungan wisman ini, lanjutnya, terjadi di semua pintu masuk yang ada di Batam, yaitu Pelabuhan Feri Batam Center, Bandara Hang Nadim, dan Pelabuhan Feri Harbourbay.

Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam tercatat wisman berkebangsaan Singapura, India dan Filipina, yang mengalami kenaikan pada Januari 2022 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Wisman berkebangsaan Singapura merupakan wisman yang paling banyak berkunjung ke Batam pada periode Januari 2022.(*)

Reporter: Rengga Yuliandra