Metropolis

Pasca Lebaran, Kawasan Industri Ramai Didatangi Pencaker

Pencaker Dalil Harahap
Ilustrasi. Pencari kerja di Kota Batam. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Pencari kerja (pencaker) kembali ramai di berbagai kawasan industri di Kecamatan Seibeduk, Sagulung dan Batuaji. Mereka berlomba-lomba mendapatkan informasi lowongan kerja secara langsung ke lokasi perusahaan ataupun kawasan industri. Selama pandemi mewabah, pencaker hanya bisa mendapatkan informasi lowongan kerja melalui media sosial.

Inilah yang terjadi di kawasan Industri Batamindo dan kawasan industri lainnya di Batuaji selama dua hari terakhir. Banyak sekali pencari kerja yang hilir mudik di lokasi perusahaan ataupun kawasan industri. Mereka bahkan rela berjalan kaki ke dalam kawasan industri demi mendapatkan lowongan pekerjaan.

Di kawasan Industri Batamindo, aula Comunity Center (CC) tetap menjadi tempat favorit pencaker untuk mendapatkan lowongan kerja. Mereka kembali nongkrong di sana untuk mendapatkan informasi lowongan kerja.

Pantauan di lapangan, meskipun banyak pencaker yang menyerbu lokasi perusahaan, namun lowongan kerja yang dibuka masih sangat minim. Hanya satu, dua perusahaan yang membuka lowongan dan itupun terbatas.

Jhoni, petugas keamanan di kawasan Industri Batamindo menuturkan, sudah menjadi tradisi usai liburan hari raya tentu banyak sekali pencaker yang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan. Pencaker ini ini umumnya mereka yang baru tamat sekolah.

“Karena biasanya banyak PT yang rekrut setelah hari raya seperti ini, makanya semua pada cari informasi (lowongan kerja) sekarang,” katanya.

Indri, seorang pencaker yang dijumpai di depan kawasan Industri Bintang, Tanjunguncang mengaku sudah cukup lama mencari informasi lowongan kerja namun belum banyak perusahaan yang membuka lowongan. Usai liburan Lebaran ini dia akan kembali keliling ke perusahaan ataupun kawasan industri untuk mendapatkan lowongan kerja. “Semoga saja ada kesempatan kali ini,” ujarnya. (*)

 

Reporter : Eusebius Sara