Sport

Rebut Tiga Emas, Indonesia Melesat ke Peringkat Ketiga Klasemen Sea Games 2021

Atlet rowing Indonesia Kakan Rusmana dan Arsi Isedi (tengah) melakukan selebrasi setelah meraih medali emas pada nomor lightweight man’s double scull SEA Games 2021 di Hai Phong, Vietnam, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Shofi Ayudiana) (ANTARA/Shofi Ayudiana)

batampos – Indonesia meraih tiga emas pada ajang SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, hari ini (11/5).

Cabang olahraga dayung menyumbangkan dua emas. Sedangkan pencak silat mendulang satu emas.

Pada final hari pertama rowing di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, pasangan Kakan Rusmana dan Ardi Isedi meraih emas nomor lightweight man’s double scull. Itu menjadi emas pertama Indonesia di SEA Games 2021.

Emas berikutnya datang dari Sulfianto dan Memo yang berlaga pada nomor man’s double sculls (M2X).

“Kami tidak menyangka ternyata kami menjadi penyumbang emas pertama untuk Indonesia di SEA Games. Rasanya sangat senang,” kata Kakan dikutip dari Antara.

“Kami memang sudah memprediksi bisa mendapat emas pada dua nomor ini karena kami juga sudah mempelajari dan melihat kekuatan lawan,” tambah pelatih timnas dayung Indonesia M. Hadris.

Sementara itu, satu emas lain didapatkan dari pencak silat. Yakni lewat Riska Hermawan dan Ririn Rinasih yang berlaga pada nomor ganda putri.

“Alhamdulillah. Pagi ini, atlet-atlet Indonesia dari cabang olahraga rowing dan pencak silat memberikan sumbangan luar biasa. Hari ini total Indonesia mendapatkan 3 medali emas, 4 perak,” ucap Chef de Mission Tim Indonesia Ferry Kono dalam keterangan resminya.

“Saya sebagai CdM sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia,” tambah Ferry.

Tim dayung menjadi salah satu kontingen Indonesia yang bertanding lebih awal. Tepatnya sejak 9 Mei. Ini sebelum upacara pembukaan yang dimulai besok, 12 Mei 2022.

Secara umum, hari ini Indonesia untuk sementara mengumpulkan 3 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Itu membuat Indonesia merangsek ke peringkat ketiga klasemen perolehan medali.

Tuan rumah Vietnam berada di puncak dengan 7 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. Sedangkan Malaysia ada di posisi runner-up dengan 6 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. (*)

 

Reporter: Antara