Metropolis

4 Pasien Covid-19 di Batam Dirawat di RSBK

Kadinkes Batam Didi F Cecep Mulyana e1652342722620
Kadinkes Batam Didi Kusmarjadi . F Cecep Mulyana

batampos – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 tersisa empat orang, Kamis (12/5). Hal ini setelah satu orang pasien lainnya dinyatakan sembuh dan selesai menjalani perawatan.

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, kasus aktif di Batam saat ini tersisa empat orang. Adapun kedua pasien yang dirawat dirumah ini dirawat di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK).

“Ya, sampai hari ini sisa empat orang dan semuanya dirawat di RSBK,” ujarnya, Kamis (12/5).

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam sepanjang 24 jam terakhir, tercatat tak ada tambahan pasien baru. Sementara terdapat satu orang pasien sembuh atau selesai menjalani perawatan di rumah sakit ataupun isolasi mandiri.

Secara kumulatif, lanjut Didi, kasus positif Covid-19 di Kota Batam berjumlah 30.971. Dimana sebanyak 30.053 kasus diantaranya selesai sembuh dan 914 lainnya meninggal dunia. Adapun tingkat kesembuhan saat ini berada di angka 97,03 persen. Tingkat kematian 2,951 persen, serta tingkat kasus aktif terus turun di angka 0,013 persen.

Didi menambahkan, jumlah kasus aktif di Batam terus mengalami penurunan. Hal ini tak lepas dari kerjasama semua pihak dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Batam. Selain itu, hal ini juga tak lepas dari kesadaran masyarakat Kota Batam akan pentingnya vaksinasi.

Dilanjutnya, Pemerintah Kota Batam terus berupaya menekan penyebaran Covid-19. Salah satu dengan menerapkan upaya penanganan Covid -19 melalui sistem tracing (melacak). Lewat sistem ini, diharap dapat memutus penyebaran Covid-19.

“Kita sudah lacak, dan pasien tidak ada riwayat berpergian ke luar kota,” tambahnya.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, tersisa empat kelurahan yang zona kuning atau yang memiliki risiko penyebaran rendah. Sementara sisanya 60 kelurahan lainnya zona hijau. Adapun keempat kelurahan itu adalah, Kabil, Nongsa, Baloi Indah, Bengkong Indah dan Tanjung Buntung dengan masing-masing satu kasus aktif.

“Meskipun telah melandai, prokes kesehatan kita imbau tetap dijalankan,” pungkas Didi. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra