Pro Kepri

Dermaga Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan Perlu Ditambah

batampos- Masyarakat menyarankan dermaga kapal RoRo di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan ditambah. Hal ini setelah membludak kendaraan pada arus balik libur lebaran.

Antrean kendaraan mengular pada arus balik libur lebaran di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, baru-baru ini. F.Slamet Nofasusanto

Penasehat FKUI SBSI Bintan, T Sianturi mengatakan, dermaga kapal RoRo di Pelabuhan ASDP Tanjunguban perlu ditambah setelah melihat kondisi antrean kendaraan pada arus balik libur lebaran baru-baru ini.

“Penambahan dermaga sudah kita suarakan beberapa tahun lalu,” kata T Sianturi.

Menurut T Sianturi, penambahan dermaga diperlukan karena volume kendaraan yang akan menyeberang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga khususnya pada beberapa hari libur nasional.

BACA JUGA: Pemudik Tujuan Tambelan Mulai Padati Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan

“Kalau kapal ditambah, tapi dermaga tidak ditambah sama saja bohong,” kata T Sianturi.

Masih menurut T Sianturi, penambahan dermaga kapal RoRo dapat mengantisipasi kepadatan dan antrean kendaraan di pelabuhan khususnya pada beberapa hari libur nasional.

“Dermaga diperlukan untuk mengantisipasi volume kendaraan pada hari libur nasional, apalagi yang akan datang ada libur natal dan libur akhir tahun,” kata T Sianturi.

T Sianturi berharap, penambahan dermaga di Pelabuhan ASDP Tanjunguban dapat memperlancar arus lalu lintas kendaraan sehingga tidak perlu lagi terjadi antrean kendaraan menggular hingga keluar kawasan pelabuhan.

Selain itu, penambahan dermaga, kata Sianturi, akan membuat masyarakat sebagai pengguna jasa kapal RoRo merasa tenang dan nyaman ketika liburan dengan menggunakan kapal RoRo. (*)

 

Reporter: Slamet Nofasusanto