Sport

Inter Milan Juara Coppa Italia 2021/2022

Inter Milan juara Piala Italia musim 2021/22 usai kalahkan Juventus 4-2 di partai final pada Kamis (12/5). (Isabella Bonotto/AFP/Antara)

batampos – Inter Milan keluar sebagai juara Piala (Coppa) Italia 2021/22. Inter menang 4-2 atas Juventus di partai final yang digelar di Stadion Olimpico pada Kamis (12/5) dini hari WIB.

Ivan Perisic menjadi pahlawan kemenangan Inter dengan dua golnya. Sedangkan gol lainnya dicetak Nicolo Barella dan Hakan Calhanoglu.

Inter Milan sudah membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan enam menit. Nicolo Barella melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti untuk menjebol gawang Juventus. Skor menjadi 1-0.

Setelah kebobolan, Juventus perlahan bangkit. Pasukan Massimiliano Allegri bisa menciptakan sejumlah peluang.

Pada menit ke-23, Juan Cuadrado melepaskan umpan terobosan kepada Paulo Dybala di kotak penalti. Tetapi tendangan Dybala ke gawang masih bisa diantisipasi Samir Handanovic.

Pada Menit ke-41, Massimiliano Allegri mengubah strategi dengan memasukkan Alvaro Morata untuk menggantikan Danilo. Namun, Bianconeri tetap tertinggal 0-1 hingga jeda turun minum.

Juventus langsung menggebrak pada awal babak kedua. Alex Sandro menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Tendangannya gagal dihentikan dengan sempurna oleh Handanovic.

Dua menit berselang, Dusan Vlahovic membawa Juventus berbalik unggul. Berawal dari serangan balik, Vlahovic yang menerima bola dari Dybala masuk ke kotak penalti.

Setelah tendangan pertamanya diblok Handanovic, Vlahovic melepaskan sepakan keduanya dan masuk ke gawang. Juventus unggul 2-1.

Juventus makin bersemangat usai berbalik unggul. Mereka kembali menciptakan peluang lewat sepakan Morata yang meneruskan sepak pojok Cuadrado. Tetapi Handanovic masih bisa mengantisipasinya.

Inter mendapat penalti pada menit ke-78. Wasit menunjuk titik putih usai Lautaro Martinez dilanggar Leonardo Bonucci. Hakan Calhanoglu yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Tendangannya ke pojok kanan atas gawang gagal diantisipasi Mattia Perrin untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Skor imbang 2-2 bertahan sampai waktu normal habis. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada menit ke-97, Inter mendapatkan penalti setelah Stefan De Vrij dijatuhkan kompatriotnya asal Belanda, Matthijs De Ligt. Wasit sempat mengecek VAR dan memutuskan penalti untuk Inter. Ivan Perisic sukses mengonversi penalti menjadi gol setelah tendangannya ke pojok kiri atas gawang sukses mengecoh Mattia Perin.

Perisic mencetak gol keduanya sekaligus kemenangan bagi I Nerazzurri pada menit ke-102. Pemain sayap asal Kroasia itu menerima bola dari Federico Dimarco dan kemudian melepaskan tendangan dengan kaki kiri. Bola mengarah ke pojok kanan atas dan tidak bisa dijangkau Perin.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan Inter dengan skor 4-2. (*)

 

Reporter: Antara