Metropolis

Kasus Covid-19 di Batam Meningkat Lagi

Isolasi Pasien Covid Dalil Harahap1111
Ilustrasi. Gedung perawatan dan isolasi pasien Covid-19 RSUD Embung Fatimah. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Kasus covid-19 di Kota Batam kembali meningkat. Hal ini disebabkan rendahnya penerapan protokol kesehatan (Protkes) oleh masyarakat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam mencatat, terdapat tambahan tiga pasien baru yang dinyatakan positif Covid-19, Rabu (11/5/2022).

Sehingga, jumlah total warga yang terpapar Covid-19 naik menjadi 30.971 orang dan jumlah pasien sembuh jadi 30.052 orang.

”Dengan penambahan ini, maka jumlah kasus aktif di Batam naik menjadi lima orang,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmardji.

Menurutnya, ketiga pasien baru ini adalah DA, 4, warga Taman Baloi, Batam Kota. Ia dirawat di Rumah Sakit Awal Bros dan belum divaksin. Pasien kedua adalah A, 50, warga Baloi Indah.

Pasien dirawat di Rumah Sakit Budi Kemuliaan dan juga belum divaksin. Sementara pasien ketiga, S, warga Tanjungbuntung dan juga dirawat di Rumah Sakit Budi Kemuliaan.

Pria 69 tahun tersebut diketahui sudah melakukan vaksin 1, 2 dan booster. Selain kasus baru, lanjutnya, sepanjang 24 jam terakhir ini tak ada penambahan kasus sembuh dan kasus kematian akibat Covid-19.

Dengan demikian, kasus sembuh saat ini berada di angka 30.052 orang serta kasus meninggal sebanyak 914 orang. Dilanjutan Didi, dengan penambahan kasus, dapat disampaikan bahwa dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh klaster, dapat disimpulkan sementara bahwa terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus
baru sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (protkes) di berbagai aktivitas sehari-hari.

Sehingga, hal ini nantinya memungkinkan terjadinya pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster tersebut atau kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

”Selanjutnya juga kami ingatkan dan imbau kembali guna kemaslahatan bersama agar masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat cukup,”
imbau Didi.(*)

Reporter: Rengga Yuliandra