Metropolis

Kecelakaan di Jalan Diponegoro akibat Minim Jalur Putar Balik

jalan sei temiang e1638762322324
Ruas Jalan Diponegoro, Seitemiang, Kota Batam. Foto: Dokumentasi Batam Pos

batampos – Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Diponegoro, Seitemiang, diduga karena minimnya jalur putar balik atau U-Turn.

Terbaru kecelakaan lalu lintas terjadi pada Rabu (11/5/2022). Sebuah mobil pikap, BP 8291 DM, menabrak sepeda motor, BP 5025 QH tepatnya di di depan Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Bukit Tempayan, sekitar pukul 09.45 WIB.

Meski tidak ada korban jiwa, namun dua kendaraan yang terlibat kecelakaan rusak parah. Informasi yang didapatkan, kecelakaan ini terjadi karena banyaknya pengendara sepeda motor yang melawan arus di sepanjang Jalan Diponegoro.

Pasalnya, di sekitar kawasan tersebut minim jalur putar balik. Dua kendaraan yang tabrakan tadi sebelumnya berjalan beriringan dari arah Simpang Tobing hendak ke Simpang Basecamp.

Namun, saat tiba di lokasi kejadian, ada kendaraan lain yang bergerak melawan arus dari depan. Pemotor hendak menghindari pemotor lain yang melawan arus tersebut sehingga terjadi kecelakaan dengan pikap yang berada di belakangnya.

”Tiap pagi memang banyak yang melawan arus karena buru-buru. Kalau ke sana (U-Turn) terlalu jauh, karena U-Turn sampai Mata Kucing sana, makan waktu lagi,” ujar Usman, warga di lokasi kejadian.

Kecelakaan ini membuat masyarakat pengguna jalan meminta pemerintah agar Jalan Diponegoro segera dilengkapi dengan U-Turn yang sesuai.

Pasalnya, kecelakaan yang terjadi selama ini disebabkan minimnya U-Turn di sepanjang jalan yang menghubungkan wilayah Batuaji dan Sekupang tersebut.

”Lawan arus sangat berisiko, akhirnya jadi kebiasaan pengendara di sana demi mempersingkat waktu dan jarak tempuh,” ujarnya.

Pengendara yang keluar dari Jalan Ahmad Dahlan, Seitemiang, menuju ke Simpang Basecamp, misalkan, harus memutar jauh hingga ke Hutan Mata Kucing.

Sebab, hanya di situ satu-satunya U-Turn yang tersedia. Sementara Iwan, warga Perumahan Permata Hijau, mengaku harus ke gerbang pintu golf Simpang Basecamp untuk mengantarkan anaknya ke Sekupang.

U-Turn dari perumahannya ada di Bundaran Simpang Basecamp.

”Sejak rampung proyek jalan dua jalur itu, banyak pemotor melawan arus karena U-Turn jauh,” katanya.(*)

Reporter: Eusebius Sara