Metropolis

Kuota Pengurusan Paspor di Batam Penuh

Imigrasi paspor
Ilustrasi. Salah seorang warga mengurus paspor Imigrasi Kelas I KhususTPI Batam. Kuota pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I KhususTPI Batam sudah penuh hingga 20 Mei 2022 mendatang. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Kuota pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I KhususTPI Batam sudah penuh hingga 20 Mei 2022 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Teknologi dan Informasi Kanimsus Imigrasi Batam, Tessa Harumdila, mengatakan, permohonan paspor mulai meningkat sejak layanan paspor kembali dibuka pdaa Senin (9/5/2022) lalu.

“Ada dua lokasi layanan paspor saat ini. Pertama, di Kantor Imigrasi Kelas I KhususTPI Batam di Batam Center dengan kuota 40 orang pemohon per hari dan Unit Layanan Paspor (ULP) Harbour Bay, Batuampar, dengan kuota 25 pemohon per hari,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk antrean permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam saat ini hanya tersedia untuk pengurusan mulai dari tanggal 23 Mei hingga 31 Mei.

Sementara, untuk kuota pengurusan mulai Senin (9/5) hingga Jumat (20/5) sudah penuh. Sedangkan untuk antrean paspor di bawah tanggal 20, masih tersedia di Unit Layanan Paspor (ULP) Harbour Bay.

”Kami juga mengajak masyarakat untuk menggunakan paspor elektronik karena banyak keunggulan dibandingkan paspor biasa,” katanya.

Mengenai paspor elektronik,Tessa mengungkapkan, saat ini peminatnya sudah cukup tinggi. Dimana, dari Senin (9/5) lalu hingga Rabu (11/5) kemarin, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menerbitkan 227 paspor elektronik.

Ia melanjutkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan antrean paspor, harus mengunduh aplikasi layanan paspor online. Sebab, layanan paspor melalui aplikasi M-Paspor tengah dilakukan perbaikan.

”Melalui aplikasi itu nanti bisa dipilih lokasinya. Apakah di Kantor Imigrasi Batam atau di ULP Harbour Bay,” jelasnya.

Setelah mengisi data dan mendapatkan nomor antrean, pemohon kemudian datang ke lokasi yang telah dipilih dengan menunjukkan bukti barcode antrean.

Selain itu pemohon juga harus membawa berkas persyaratan seperti KTP elektronik; Kartu Keluarga; Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah; Paspor Lama untuk yang perpanjangan dan berkas pendukung lain.

”Jika masih ada kendala, hubungi layanan paspor Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam di nomor 08136472-0070,” imbuhnya.

Meningkatnya permohonan paspor di Kota Batam dipicu adanya kemudahan akses masuk ke berbagai negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Terlebih, Singapura telah mencabut syarat tes Covid-19 bagi para pelancong yang masuk ke negaranya sejak Selasa (26/4/2022) lalu. Dengan kemudahan yang diberikan oleh kedua negara tersebut.(*)

Reporter: Eggi Idriansyah