Pro Kepri

Nasib Warga Tanjungpinang, Lampu Bergilir, Air Tak Ngalir

batampos- Persoalan yang dialami warga Tanjungpinang semakin komplek. Selain lampu dri PLN bergilir akibat adanya kerusakan pembangikit, air dari PDAM tirta Kepri juga tak mengalir.

Salah satu warga Tanjungpinang yang berdomisili di Km 6, Bagas mengeluhkan bahwa air di rumahnya mulai tidak mengalir sejak dua hari kemarin, sebelumnya air PDAM masih mengalir namun kecil sehingga harus menggunakan mesin pompa.

“Kemarin itu kecil harus pakai mesin pompa, sekarang gak bisa lagi walaupun pakai mesin,” Kata Bagas, Kamis (12/5).

BACA JUGA: Sudah 2 Pekan Air PDAM Tak Mengalir ke Rumah Warga

Kondisi itu, kata Bagas sudah terjadi tiga hari sebelum lebaran 2022, namun hingga sekarang belum belum mengalir dengan maksimal, bahkan tidak mengalir.

“Dah la mati lampu giliran, air pulak tak ngalir,” katanya.

Menanggapi kondisi persoalan air bersih itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara mengatakan saat ini belum mengetahui besaran anggaran untuk membantu PDAM Tirta Kepri memperbaiki segara kerusakan.

“Tapi upaya untuk membatu sudah dilaksanakan, tiga hari yang lalu dibantu penyelesaian penggunaan pompa kembali, termasuk genset juga sudah diperbaiki,” kata Adi.

Dikatakan Adi, karena PDAM merupakan badan usaha, sehingga untuk penyaluran anggaran masih dipelajari lebih lanjut oleh pihaknya.

“Kami belum tau persis isi APBD karena baru minggu, belum ditelusuri secara detail,” ucapnya. (*)

Reporter: Peri