Metropolis

Pelayanan Dokumen di Disdukcapil Batam Naik Dua Kali Lipat

Pelayanan Disduk Bulan Puasa Dalil Harahap6666
Ilustrasi. Pelayanan dokumen kependudukan di Disdukcapil Kota Batam. F.Dalil Harahap

batampos – Usai libur lebaran, pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Hal ini disampaikan Sekretaris Disdukcapil Batam, Dewi Rufianti, Selasa (11/5).

Ia mengatakan kepadatan pemohon sudah terlihat sejak hari pertama kerja. Dalam dua hari terakhir ini jumlah berkas yang diterima diperkirakan mencapai dua ratus lebih.

“Untuk pengurusan surat pindah masuk dan datang cukup ramai. Disusul pengurusan pencetakan e-KTP. Dalam dua hari ini ada 100 e-KTP yang sudah selesai dicetak,” sebutnya.

Meskipun sistem manual, pelayanan penyelesaian permohonan usulan berkas diupayakan bisa selesai dalam waktu yang tidak lama. Sebelumnya berkas diproses lebih cepat karena menggunakan sistem online. Sistem ini cukup memudahkan pemohon dan petugas pelayanan, sebab semua online.

“Penyelesaian tetap kami targetkan tiga hari kerja. Konsistensi kinerja ini tetap dioptimalkan. Meskipun ada beberapa petugas yang pulang dua jam lebih lama dari jam kerja mereka. Hal ini demi penyelesaian berkas milik pemohon,” ujarnya.

Sejak diterapkan sistem manual, pemohon sudah terlihat padat sejak pagi. Hal ini karena adanya pembatasan antrean pelayanan. Sedangkan dengan sistem online pelayanan bisa diberikan tanpa batas.

“Seperti yang terlihat warga sudah penuh sejak pagi. Lengkap dengan map di tangan mereka menunggu antrean dipanggil. Karena memang dari pusat, jadi mau tidak mau harus manual semua pelayanan,” jelas mantan Camat Bulang ini.

Ia menyebutkan pelayan saat ini juga diramaikan dengan permohonan e-KTP bagi pelajar. Hal ini karena mereka ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Banyak juga yang e-KTP pemula untuk sekolah dan keperluan lainnya. Semua kami bantu. Intinya siapkan syarat yang lengkap,” ucap Dewi.

Ia juga meminta masyarakat untuk memaklumi jika pelayanan belum maksimal. Sebab jumlah petugas tidak sebanding dengan pemohon yang datang setiap hari. Ia mengupayakan semua pemohon bisa mendapatkan layanan dengan baik.

“Sebenarnya kalau online mereka tak perlu datang ke sini. Namun karena ini manual, jadi mohon kesabaran pemohon. Semua berkas akan diproses, dan dikabarkan melalui pesan singkat,” tutupnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan seluruh pelayanan publik kembali normal usai cuti bersama dan libur lebaran. Ia memastikan tidak ada kendala bagi masyarakat yang ingin mengurus keperluan dokumen dan lainnya.

“Ini sudah saya tegaskan. Jadi masing-masing OPD tolong perhatikan soal pelayanan publik ini,” kata Rudi. (*)

 

Reporter : YULITAVIA