Pro Kepri

Pelayaran dari Karimun Tujuan ke Malaysia Segera Dibuka, ke Singapura Belum

batampos– KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun melaksanakan simulasi kesiapan untuk pembukaan pelabuhan internasional. Dan, untuk waktu dekat pelayaran ke Malaysia Segera dibuka.

Simulasi pembukaan pelabuhan internasional Tanjungbalai Karimun.

”Setelah dilakukan simulasi, kita ketahui semua unsur sudah siap. Yakni, Custom, Immigration, Quarantine dan Port (CIQP) sudah siap. Termasuk operator pelayaran tujuan ke Malaysia,” ujar Kepala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Jon Kenedy, , Rabu (11/5).

Untuk diketahui, lanjutnya, pembukaan kembali pelabuhan internasional dalam waktu dekat hanya tujuan Johor Bahru, Malaysia. Sedangkan, untuk tujuan ke Singapura belum ada. Dan, untuk pertama-tama ada dua kapal yang sudah siap.

BACA JUGA: Libur Panjang mulai, Penumpang Kapal Antarpulau Ramai dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang

”Untuk keberangkatan tujuan ke Johor Bahru, Malaysia itu ke Putri Harbour. Sedangkan, untuk tujuan ke Pelabuhan Kukup, masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Kalau operator atau kapalnya sudah siap. Untuk tanggal kepastian kapan dibukanya pelabuhan internasional belum bisa disampaikan. Yang jelas, dalam waktu dekat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungbalai Karimun, Novri Hendri secara terpisah menyebutkan, ada syarat yang harus diketahui untuk kedatangan penumpang dari Malaysia ke Indonesia, yakni melampirkan hasil negatif PCR.

”Ketentuan ini sesuai dengan surat edaran (SE) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Prokes Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jadi, surat keterangan hasil negatif PCR itu dari negara asal,” paparnya. (*)

reporter: sandi