Metropolis

Polda Kepri Tangkap Pelaku Curanmor dan Dua Penadah

curanmor 1
Pelaku curanmmor dan dua penadah yang ditangkap Ditreskrimum Polda Kepri. Foto: Humas Polda Kepri

batampos – Tim Jatanras Dit Reskrimum Polda Kepri menangkap satu orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmmor) dan dua penadah.

Dir Reskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Jefri R.P. Siagian, mengatakan, dua pelaku berinisial ARH dan OHH ditangkap saar berada di salah satu warnet di sekitaran Cikitsu-Botania.

“Dari keterangan pelaku, ARH berperan sebagai pelaku pencurian dan OHH berperan sebagai orang yang menawarkan sepeda motor hasil curian kepada pembeli melalui media sosial facebook,” ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Setelah menangkap ARH dan OHH, pihaknya melakukan pengembangan dan diketahui RJS sebagai pembeli barang hasil curian. Tim lanjutnya langsung mengamankan RJS di salah satu Super Market di wilayah Marina, Batuaji.

Dari RJS pihaknya mengamankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor yang merupakan hasil tindak pidana Curanmor.

“Dari hasil pengembangan, tim berhasil mengamankan lima unit sepeda motor hasil curian yang dilakukan ARH dan dari keterangannya sudah melakukan pencurian di 12 TKP di wilayah Kota Batam,” tuturnya.

Ia menjelaskan, modus operandi pelaku yakni mencari sepeda motor yang terparkir di depan rumah yang tidak dikunci stang. Kemudian membuka kap body sepeda motor untuk merusak kabel kunci kontak menggunakan kunci letter y, kunci pas dan obeng.

Barang bukti yang berhasil diamankan pihaknya ialah lima unit sepeda motor berbagai merk, dua buah obeng, dua buah kunci pas, dua Unit handphone, BPKB dan STNK sepeda motor serta uang tunai Rp. 200 ribu.

“Atas perbuatannya pelaku dapat dijerat dengan Tindak Pidana Pencurian Pasal 363 KUHP Dengan Ancaman Hukuman Maksimal 9 Tahun Penjara,” jelasnya.(*)

Reporter: Messa Haris