Sport

Tim Dayung Putra Indonesia Raup 4 Emas di SEA Games 2021

Atlet rowing Indonesia Kakan Rusmana dan Arsi Isedi (tengah) melakukan selebrasi setelah meraih medali emas pada nomor lightweight man’s double scull SEA Games 2021 di Hai Phong, Vietnam, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Shofi Ayudiana) (ANTARA/Shofi Ayudiana)

batampos – Tim rowing Indonesia kembali menambah raihan emas di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam.

Hari ini (13/5), Indonesia mendulang dua emas dari nomor lightweight man’s four dan lightweight men’s quadruple sculls.

Tim lightweight man’s four Indonesia bermaterikan Mahendra Yanto, Ferdiansyah, Ali Buton, dan Denri Maulidzar Al Cibiffari. Sementara itu, tim quadruple sculls bermaterikan Ali Mardiansyah, Ihram, Ardi Isadi, dan Kakan Kusmana.

Tim lightweight man’s four tampil tercepat di Haiphong Canoeing and Rowing Training Center dengan catatan waktu 6 menit dan 47,729 detik. Tuan rumah Vietnam meraih perak dengan catatan terpaut tipis, 6 menit dan 52,879 detik. Tim Filipina mendulang perunggu dengan catatan waktu 7 menit dan 0,117 detik.

Ferdiansyah mengatakan bahwa sejak awal mereka sudah mengetahui bahwa tuan rumah bakal menjadi ancaman yang serius. Hal inilah yang membuat tim Indonesia langsung tampil cepat untuk meraih posisi pertama sejak start.

“Sebenarnya sulit untuk mengejar Vietnam. Mereka bagus dan tim yang solid dan saya rasa kita harus memberikan apresiasi kepada mereka. Meski dari awal target kami sudah emas, tetapi kami pun tidak mengira bisa menjadi nomor satu,” ujar Ferdiansyah dikutip dari NOC Indonesia.

Kesuksesan rowing mendulang emas tak lepas dari matangnya persiapan yang telah mereka lakukan. Sejak tahun lalu, rowing sudah menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) jangka panjang.

“Persiapannya sudah dari tahun lalu karena SEA Games kan juga dilaksanakan tahun lalu. Meski ditunda ke 2022, kami tetap latihan dengan keras. Sejujurnya sulit bisa mengalahkan Vietnam karena mereka berstatus tuan rumah,” kata Denri.

“Betul, Vietnam memang kuat. Tapi di sini kami membuktikan bahwa kami jauh lebih kuat dari Vietnam,” kata Mahendra.

Dengan tambahan 2 emas, rowing Indonesia telah mengumpulkan 4 emas dan 4 perak. Di sektor putra, sampai saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang meraih emas.

Indonesia juga menambah 2 perak dan 1 perunggu dari wushu. Yakni melalui Nandhira Mauriskha (women’s jianshu) dan Euginia Diva Widodo (women’s gunshu). Sedangkan satu perunggu didulang oleh Seraf Naro Siregar (Men’s Changquan). (*)

 

 

Reporter: JPGroup