Internasional

Jokowi Bertemu Biden hingga Pengusaha AS

 

batampos – Agenda Presiden Joko Widodo dalam lawatan di Amerika Serikat (AS) berlangsung padat. Salah satunya adalah pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden bersama para pemimpin negara di ASEAN pada Kamis (12/5/2022) waktu setempat.

Dalam pertemuan jamuan santap malam itu, presiden menyatakan bahwa KTT khusus ASEAN-AS merupakan momen yang tepat untuk memperkuat kemitraan ke depan. Jokowi menyambut baik prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif.

F. SETPRES/LAILY RACHEV
PRESIDEN Joko Widodo Joe Biden dalam rangkaian KTT Khusus ASEAN-AS di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (13/5).

’’Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini,’’ ujar Jokowi.

Agenda itu dilanjutkan pertemuan dengan Kongres AS. Di sana presiden menyinggung perang di Ukraina. Situasi itu berdampak pada ekonomi dunia, termasuk kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi.

Pada hari yang sama, Jokowi dan para pemimpin negara ASEAN bertemu dengan para pengusaha AS di InterContinental the Willard Hotel, Washington DC. Presiden ingin memastikan G20 dapat bekerja sebagai katalisator pemulihan ekonomi global. Terutama bagi kemajuan negara-negara berkembang.

’’Saya berharap para CEO perusahaan besar Amerika dapat membangun kerja sama konkret di G20 dan kerja sama dengan ASEAN, khususnya dengan Indonesia,’’ tuturnya. (lyn/c14/bay/*)