Rabu, 10 Agustus 2022

PKB Dukung Soerya Tanpa Syarat

Gerindra Beri Sinyal Positif

Baca Juga

F. Iman Wachyudi/ Batam Pos
Ketua DPD Kepri PDI Perjuangan Soerya Respationo duduk bersama dengan Ketua DPW PKB Kepri Abdul Basith Has, Ketua DPC Batam PDI Perjuangan Nuryanto, dan Ketua DPC Batam Partai Gerindra Iman Sutiawan saat berbincang politik di kediaman Soerya di Duta Mas, Batam Center, Rabu (20/5) malam lalu.

BATAM (BP) – Ketua DPW PKB Kepri Abdul Basyid Has me­mutuskan mendukung Ke­tua DPD PDI Perjuangan Kepri Soerya Respationo maju sebagai Cawagub Kepri, dalam pertarungan Pilkada 2020 ini.
”Setelah berkomunikasi selama 20 tahun, saya melihat Soerya konsisten memperjuangkan nasib masyarakat, khususnya masyarakat Melayu di hinterland. Karena itu kami sepakat, PKB mengusung Soerya Respationo, tanpa syarat,” ujar Abdul Basyid di sela-sela kunjungan silaturahmi di kediaman Soerya di Batam Center, Rabu (20/5) lalu.

Tokoh Melayu dan TokohPendidikan Batam ini menga­ta­kan dukungannya bukan tan­pa alasan. Selama pande­mi Covid-19, Soerya hadir se­bagai sosok yang kerap me­mberikan bantuan kepada mas­yarakat tanpa melihat su­ku, agama maupun golongan. ”Saya yakin banyak faktor lain yang jadi perhatian masyarakat. Saya pikir, ini amanah yang harus disampaikan dan diselesaikan,” tegasnya.

Menanggapi dukungan terse­but, Soerya Respationo me­nyam­paikan ucapan terimaka­sih atas dukungan yang diberikan. Menurut penulis buku ”Satunya Kata dan Perbuatan” itu, bantuan yang diberikan sesungguhnya murni atas nama kemanusiaan. Kalaupun berkaitan dengan tahun politik, Soerya sangat keberatan jika dikaitkan dengan niatnya maju sebagai calon Gubernur Kepri mendatang.

”Saya tekankan sekali lagi. Ini urusan kemanusiaan. Soal dukung mendukung, saya serahkan kembali kepada masyarakat Kepri. Ini memang tahun politik, tapi juga tahun Corona. Jika segala sesuatunya dikaitkan negatif, bisa ambyar wong cilik,” ujarnya lantas tersenyum.

Dijelaskannya lagi, dirinya sudah menjalani mekanisme partai PKB. ”Saya bersama pak Abdul Basyid Has, sudah bertemu Cak Imin di kediamannya. Termasuk menjalani fit and proper test sesuai aturan partai. Jadi ini amanah yang juga harus saya jalankan,” ujarnya mantap.

Imam Setiawan
Malu-Malu
Dalam pertemuan malam itu, turut hadir tokoh Gerindra yang juga Wakil Ketua III DPRD Kota Batam Imam Setiawan. Kehadiran Imam tentu saja jadi perbincangan terkait dukungan ke Soerya. Namun disinggung soal itu, Imam terkesan malu-malu.

”Saya tak mau mendahului keputusan partai. Seharusnya yang ditunjuk mendampingi mas Soerya adalah almarhum Sahrul, Walikota Tanjungpinang. Namun Tuhan berkendak lain. Sesuai amanah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo, kita diberi amanah mencarikan nama calon pengganti lain yang akan mendampingi mas Soerya. Saya serahkan sepenuhnya kepada partai dan mas Soerya,” ujarnya tersenyum.

Menanggapinya, Ke­tua Pemuda tempatan nu­san­tara Batam (Paten), Awen Kur­niawan, sepakat me­ngusung Soerya dan Imam Sutiawan maju di Pilkada Kepr­i. ”Kita yakin ini pasangan yang paling pas. Formasinya paten memajukan Propinsi Kepri,” ujarnya lantas tertawa.

Menutup pertemuan malam itu, ketiga tokoh partai sepakat menggelar program penanggulangan Covid-19, melalui kegiatan pembagian sembako, masker, hand sanitizer khusus masyarakat pesisir. ”Kita akan lakukan secepatnya, usai lebaran. Teknisnya akan kita bicarakan kembali,” jelas Soerya.

Soerya Lepas
Punggowo Mudo
Sementara itu, keesokan harinya, Ki Lurah Paguyuban among worgo Jowo (Punggowo), HM Soerya Respationo melepas rombongan baksos Gotong royong Punggowo Mudo di kediamannya, Dutamas, Batam Centre.
Soerya mengatakan, kegiatan seperti ini agar dilestarikan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

”Saat ini banyak masyarakat kesulitan. Pastinya tak semua bisa kita bantu. Paling tidak dalam skala kecil kita bisa merasakan kesulitan orang lain. Ini bentuk kepedulian kita tanpa melihat perbedaan agama, suku dan golongan. Tetap menjaga protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan,” ujar Soerya, Kamis (21/5).
Terkait kegiatan baksos tersebut, Ketua Punggowo Mudo Putra Yustisi Respaty menjelaskan, baksos kali kedua yang mereka lakukan, akan memberikan 250 paket sembako, sayur mayur dan 300 masker bantuan khusus dari Ki Lurah Punggowo.
”Rombongan akan bergerak Mulai dari Tanjung Sengkuang, Nagoya, Jodoh, Tanjungpiayu, hingga Batuaji dan Tanjunguncang. Untuk teknisnya, tim akan membagikan langsung ke masyarakat yang paling membutuhkan,” jelas Putra.

Dalam acara pelepasan rombongan Gotong royong Punggowo Mudo, secara simbolis Soerya menyerahkan paket sembako kepada Ki Carik Sulistyana, dan selanjutnya menyerahkannya kepada panitia baksos.
Sulistyana berpesan, agar rombongan tetap mematuhi protokol kesehatan. ”Khusus di zona merah, sebaiknya rombongan tetap menjaga jarak dan tidak berlama-lama. Saya pikir ini dapat kita pahami bersama,” pintanya. (*)

Reporter : IMMANUEL SEBAYANG
Editor : CHAHAYA SIMANJUNTAK

Update