Rabu, 10 Agustus 2022

Layanan Perpanjang SIM Kembali Dibuka

Baca Juga

F. IPDA LATIFA ANDIKA UNTUK BATAM POS
Layanan pembuatan SIM di Polres Tanjungpinang, belum lama ini.

TANJUNGPINANG (BP)- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanjungpinang, kembali membuka layanan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk masyarakat Tanjungpinang sejak 29 Mei 2020 kemarin.

Kanit Registrasi dan Identifikasi (Kanitregident) Satlantas Polres Tanjungpinang, Ipda Latifa Andika menjelaskan, melalui Telegram Rahasia (TR) dari Korps Lalu Lintas Mabes Polri memberikan instruksi untuk pembukaan layanan perpanjang SIM pada 29 Juni 2020 nanti karena ada penambahan pasien Covid-19

Namun, dengan adanya pencanangan penerapan new normal dari pemerintah, maka dari Korlantas Mabes Polri ada perbaikan instruksi, yang menyampaikan untuk membuka pelayanan perpanjangan SIM pada 29 Mei 2020.

”Dengan adanya pencanangan new normal dari pemerintah, Korlantas Mabes Polri melakukan perbaikan instruksi, agar membuka pelayanan perpanjang SIM tanggal 29 Mei,” kata Latifa (31/1).

Latifa menjelaskan mulai, Jumat (29/5), masyarakat Tanjungpinang sudah bisa memperpanjang SIM. Sedangkan untuk masyarakat Tanjungpinang yang masa berlaku SIM nya sudah habis mulai 24 Maret hingga 29 Mei 2020 diberikan dispensasi dengan tidak perlu membuat SIM baru, melainkan cukup diperpanjang.

”SIM yang mati mulai 24 Maret hingga 29 Mei dapat dispensasi, tidak perlu buat SIM baru, cukup diperpanjang saja,” ujar Latifah.

Namun untuk SIM yang masa berlaku habis 20 Maret harus membuat SIM baru, karena hitungannya sudah tidak berlaku dan tidak masuk dalam dispensasi masa Covid-19.

Walaupun layanan kembali dibuka, baik untuk pembuatan SIM baru dan perpanjang SIM di Polres Tanjungpinang, pihak Satlantas tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 mulai dari pintu masuk ruang Satlantas Polres Tanjungpinang.

”Untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan SIM, wajib mengikuti protokol pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan, diperiksa suhu tubuh, dan disemprot disinfektan,” ungkap Latifah.(***)

Reporter : PERI IRAWAN
Editor : GUSTIA BENNY

Update