Rabu, 10 Agustus 2022

284.223 Sembako Disalurkan

Untuk Kota Batam

Baca Juga

F. HUMAS PEMPROV KEPRI UNTUK BATAM POS
Penyerahan paket sembako yang dilakukan Pemprov Kepri, Selasa (2/6).

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan Pemprov Kepri menyalurkan bantuan sembako untuk kota Batam mulai awal Juni ini. Selama dua pekan, 284.223 paket sembako diharapkan sudah sampai kepada masyarakat yang terdata untuk menerimanya.

“Mulai hari ini Selasa (2/6), sudah didistribusikan di Kecamatan Belakangpadang, Batam. Semoga paket ini bisa membantu masyarakat akibat pandemi Covid-19 Ini. Kita berusaha dan berdoa agar wabah ini segera berakhir, dan segera memasuki fase new normal untuk berbagai aktivitas,” kata Isdianto di Perumahan Sukajadi, Batam, Selasa (2/6).

Menurut Isdianto, dia sudah mendapatkan laporan tentang mekanisme dan finalisasi penyaluran. Isdianto berharap semuanya berlangsung lancar. Tentu segala proses pendistribusiannya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Dalam laporan yang diterima Isdianto, setelah Belakangpadang, pendistribusian berlanjut di Kecamatan Galang. Pendistribusian di kawasan ini akan dilaksanakan pada Rabu (3/6).

Setelah Galang, Kamis (4/6) paket sembako akan didistribusikan di Kecamatan Bulang.Pada Jumat (5/6), paket-paket sembako itu dilanjutkan di Kecamatan Batuaji. Kemudian diteruskan di Kecamatan Lubukbaja (6/6), Kecamatan Bengkong (7/6), Kecamatan Sagulung (9/6), Kecamatan Sekupang (10/6) dan Kecamatan Nongsa (12/6).
Periode terakhir paket-paket sembako itu disalurkan untuk Kecamatan Batuampar (13/6), Kecamatan Batam Kota (17/6) dan terakhir untuk Kecamatan Sungai Beduk, Kamis (18/6).

Isdianto berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga paket sembako ini bisa disalurkan. Terutama dukungan bersama dari TNI, Polri Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, BPKP dan seluruh stakeholders terkait.

“Untuk Batam, terima kasih atas dukungan wali kota,wakil wali kota, pihak kecamatan kelurahan seluruh Batam, dan

RT/RW yang telah membantu dan bekerja sama dalam penyaluran sembako ini,” kata Isdianto.

Isdianto pun berterima kasih atas kepedulian banyak pihak yang juga menyalurkan paket-paket sembako untuk masyarakat. Termasuk berbagai program yang secara bergotong royong dilakuan untuk saling meringankan.

Pada kesempatan itu, Isdianto kembali mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kedisiplinan mengikuti protokol kesehatan guna memutus mata rantai sebaran Covid-19. Karena peran masyarakat sangat besar untuk itu.

Apalagi fase new normal atau kelaziman baru segera dijalani di tengah ketidakpastian vaksin untuk virus ini. Kalau masyarakat disiplin dengan protokol kesehatan, kata Isdianto, fase bisa berjalan tanpa sebaran pasien baru.

“Berkali kali saya selalu mengajak kita semua untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan sesering mungkin,” kata Isdianto.

Sementara itu, penyerahan dilakukan oleh Wakil Koordinator Penyaluran Bantuan, Buralimar yang diterima Dinas Sosial Kota Batam di kawasan Cammo Industri, Selasa (2/6).

Menurut Buralimar, penyaluran tahap pertama akan dibagikan ke kecamatan sebanyak 1.908 dari sebanyak 2.836 yang akan disalurkan semua.

”Hari ini pendustribusian kami lakukan di dua kelurahan di Kecamatan Belakangpadang sebanyak 1.908 yakni Kelurahan Sekanak dan Tanjungsari. Sisanya besok (hari ini, red) karena kapal tidak cukup mengangkutnya,” ujarnya.

Per paket berisi 9 macam barang yang dibagikan seperti beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, sarden dua kaleng, mi instan 10 bungkus, teh celup 22 kotak, kopi bubuk 2 bungkus, susu 1 kg, dan sirup 2 botol.

Sementara itu perwakilan dari Dirkrimsus Polda Kepri, Budi mengatakan pihaknya bertugas melakukan pengawasan menempatkan sejumlah personel di kabupaten/kota yang ada di wilayah hukum Polda Kepri.

”Kami melakukan pengawasan dari mulai pengemasan hingga pendistribusian ke kabupaten/kota,” ujar Budi.

Dengan adanya pengawasan, Budi berharap penyaluran bantuan sosial berjalan dengan lancar dan aman. ”Tujuan pengawasan ini agar tidak terjadi penyalahgunaan dan penyelewengan. Sehingga sampai di masyarakat tepat sasaran,” terangnya. (***)

Reporter : EGGY IDRIANSYAH
ADIANSYAH DAN
GUSTIA BENNY
Editor : DEDE HADI

Update