Rabu, 10 Agustus 2022

Diprediksi Terjadi Hujan Lokal

Waspada Hujan Lebat Disertai Petir

Baca Juga

F. YUSNADI NAZAR/BATAM POS
Seorang warga menggunakan sampan menerobos hujan lebat di perairan Dompak Tanjungpinang, Kamis (4/6) lalu.

TANJUNGPINANG (BP) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi akan terjadi hujan ringan hingga lebat di wilayah Tanjungpinang dan Bintan selama satu pekan ke depan.

Prakirawan BKMG Tanjungpinang, Khalid Fikri menjelaskan berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global seperti El Nino, tidak terlalu signifikan berdampak terhadap kondisi cuaca di Pulau Bintan.

Namun Sea Surface Temperature (SST) yang hangat di sekitar perairan Kepri khususnya di Pulau Bintan dapat mendukung adanya pembentukan awan konvektif (penghasil hujan).

”Jika dilihat dari kelembapan udara yang tinggi hingga lapisan atas, dapat memicu adanya pembentukan awan konvektif di pulau Bintan,” jelasnya, Senin (8/6).

Selanjutnya, berdasarkan pengaruh fenomena cuaca skala regional berupa wilayah belokan angin di wilayah Kepri, juga dapat menyebabkan adanya pertumbuhan awan konvektif.

”Sepekan ke depan diprediksi hujan lokal pagi dan siang hari. Pada sore dan malam hari diprediksi terjadi hujan ringan hingga lebat,” paparnya.

BMKG Tanjungpinang mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati hati saat terjadi hujan ringan atau hujan lebat.

”Untuk peringatan dini, masyarakat harus waspada terjadinya hujan disertai petir,” kata Khalid. (*)

Reporter : YUSNADI NAZAR
Editor : GUSTIA BENNY

Update