Rabu, 10 Agustus 2022

Sekolah Tolak Pengantaran Berkas

PPDB Jenjang SDN dan SMPN Dimulai, Gunakan Sistem Online Penuh

Baca Juga

Dua orang guru SMPN 42 batam melakukan persiapan untuk pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di ruang lab komputer SMPN 42 Batam, Senin (9/6). Hari ini pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online mulai di buka mulai tanggal 10 juni hingga 26 juni. F Cecep Mulyana/Batam Pos

SEKUPANG (BP) – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam mulai membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SDN dan SMPN mulai hari ini (10/6). Pendaftaran dibuka pukul 08.00-12.00 WIB dan dilakukan secara online atau daring penuh.

Calon peserta didik atau orangtua tak perlu datang ke sekolah untuk mengantar berkas, karena pihak sekolah akan menolaknya.

Pendaftaran cukup dilakukan dari rumah masing-masing, dengan mengakses situs web atau website, http://ppdb-batam.id, yang disediakan Disdik Batam.

”Besok (hari ini, red) mulai daftar. Saya sudah kumpulkan kepala sekolah hingga petugas verifikator yang akan bertugas memverifikasi berkas pendafta-ran,” kata Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, Selasa (9/6).

Ia memastikan, semua persiapan sudah matang dan dapat digunakan untuk proses pendaftaran.

Tidak saja petugas, antisipasi dan perhatian juga diberikan terhadap server agar tidak ada gangguan ketika pendaftaran berlangsung.

”Semua standby, baik petugas di kantor maupun di sekolah. Saya berharap tak ada gangguan dan lancar pastinya,” ucapnya.

Hendri meminta orangtua memperhatikan nomor Whats-App verifikator sekolah. Ada empat nomor yang disiapkan untuk verifikasi. Masing-masing verifikator membagi empat nomor sesuai zonasi, ala-mat tempat tinggal, dan ada juga yang tidak.

”Untuk memudahkan memang di keterangan ada yang membagi sesuai zonasi. Jadi, ini memudahkan juga dalam verifikasi nanti. Ada zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan orangtua. Jadi, nomornya berbeda-beda. Tolong perhatikan juga yang ini,” jelasnya.

Untuk seleksi jalur zonasi, tetap melihat peta lokasi yang dikirimkan orangtua kepada verifikator. Nanti, petugas akan meng-ukur ulang dan memastikan jarak dari sekolah ke rumah. Peserta didik yang rumahnya paling dekat, akan menjadi prioritas untuk diterima nantinya.

”Sesuai kriterianya. Jadi pastikan orangtua mengirimkan peta lokasinya benar,” imbuhnya.
Pendaftaran online akan dibuka dari 10 Juni hingga 26 Juni mendatang. Orangtua maupun peserta didik memiliki waktu cukup panjang untuk mendaftar ke sekolah pilihan. Untuk jalur zonasi, ada dua sekolah yang bisa dipilih sesuai tempat tinggal.

”Isi semua formulir pendaftaran dengan benar, sebelum dikirimkan kepada operator sekolah. Nanti petugas akan memverifikasi dan mengirimkan bukti lolos dan terdaftar sebagai peserta PPDB,” terangnya.

Kepala SMPN 3 Batam, Wiwiek Darwiyati, mengatakan, proses verifikasi berkas tidak memakan waktu lama, tergantung berkas yang masuk dari pesert didik maupum orangtua.

”Kalau berkas sudah benar dan terisi semua, hanya butuh waktu 5-10 menit, setelah itu akan dikirimkan bukti berkas sudah terverfikasi kepada pengirim,” kata dia. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : RATNA IRTATIK

Update