Rabu, 10 Agustus 2022

BPJS Beri Relaksasi Pembayaran Tunggakan

Baca Juga

F. PERI IRAWAN/BATAM POS
Petugas BPJS tengah melakukan pelayanan kepada warga di Kantor BPJS Kesehatan Tanjungpinang, belum lama ini.

TANJUNGPINANG (BP) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang memberikan relaksasi pembayaran tunggakan iuran peserta dalam masa pandemi Covid-19.

Relaksasi diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khusus yang tergabung dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agung Utama menjelaskan relaksasi pembayaran iuran di tengah pandemi covid-19 itu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.

”Program itu memberikan keringanan pembayaran tunggakan bagi peserta PBPU dan PPU BU yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan tunggakan iuran,” kata Agung, Kamis (18/6).

Dijelaskan Agung, program relaksasi tunggakan diberikan sampai Desember 2020 dan sisa tunggakannya harus dilunasi paling lambat sampai dengan Desember 2021.

Besaran tunggakan yang dibayarkan minimal enam bulan tunggakan dan untuk aktivasi peserta ditambahkan pembayaran iuran bulan berjalan.

Peserta memiliki pilihan, membayar sisa tunggakan dengan cara melunasi atau memanfaatkan program cicilan untuk sisa tunggakan tersebut.

”Untuk sisa tunggakan yang ada, setelah peserta membayarkan tunggakan minimal enam bulan tunggakannya,” ujarnya.

Kata Agung, dengan pembayaran cicilan paling lambat Desember 2020 sesuai kemampuan itu peserta semakin diringankan, namun apabila sudah mendaftarkan program relaksasi tunggakan namun sampai dengan akhir bulan peserta tidak melakukan pembayaran tunggakan minimal enam bulan, maka program relaksasi tunggakan batal secara otomatis dan seluruh tunggakan akan ditagihkan pada bulan berikutnya.

“Peserta yang sudah mengajukan relaksasi tunggakan dapat mengajukan kembali program relaksasi tunggakan selama tahun 2020,” papar Agung.

Bagi peserta JKN-KIS segmen PBPU yang ingin mendaftarkan program relaksasi tunggakan dapat dengan datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).(***)

Reporter : PERI IRAWAN
Editor : GUSTIA BENNY

Update