Rabu, 10 Agustus 2022

Lahir 1 Juli, Urus Sim Gratis Bertepatan HUT Bhayangkara

Baca Juga

F. IMAN WACHYUDI/BATAM POS
Warga Batam saat mengurus SIM di Polresta Barelang, Selasa (9/6). Saat HUT Bhayangkara pada 1 Juli, warga yang lahir di tanggal tersebut gratis mengurus SIM.Lahir 1 Juli, Urus Sim Gratis

NONGSA (BP) – Polri dalam waktu dekat akan merayakan Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli mendatang. Beragam kegiatan dibuat untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ini. Ada program mengurus SIM gratis bagi masyarakat yang lahir di 1 Juli.

Program yang berlaku di seluruh Indonesia ini, dibenarkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Mudjiono.

”Di Kepri juga berlaku, pembuatan SIM gratis bagi masyarakat yang lahir 1 Juli,” katanya, Kamis (18/6).

Pengurusan SIM ini, kata Mudjiono, dapat dilakukan di Polresta dan Polres-Polres yang ada di Kepri. Mudjiono mengingatkan bahwa SIM gratis, hanya bagi yang lahir di 1 Juli. Dan yang lahir di luar tanggal tersebut, tidak masuk dalam program ini.

Untuk pendaftaran program SIM gratis bagi yang lahir di 1 Juli ini, sudah bisa dilakukan saat ini di Polresta dan Polres-Polres se-Kepri. Tentunya, syarat yang perlu dibawa yakni berbagai dokumen permohonan pembuatan SIM. ”Dan menunjukan KTP, yang membuktikan masyarakat lahir di 1 Juli,” ungkapnya.

Pembuatan SIM gratis ini, dinilai dapat membantu masyarakat.

Sedangkan bagi yang ingin mengurus SIM secara umum, harus membayar sesuai ketentuan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM. Biaya untuk Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pembuatan SIM A Rp 120 ribu, dan SIM C Rp 100 ribu. (*)

Reporter : FISKA JUANDA
Editor : RATNA IRTATIK

Update